Home / Gaya Hidup / Yuk! Kita Mudik Sehat

Yuk! Kita Mudik Sehat

mudiks

Libur panjang hari raya Idul Fitri datang sebentar lagi. Waktu terbebas dari kewajiban ngantor tersebut memberi kesempatan bagi siapapun untuk pulang ke kampung halaman, bertemu dengan sanak saudara.

Seperti yang sudah-sudah, suasana Idul Fitri akan diwarnai macet panjang berjam-jam di jalur darat. Bahkan, bukan hanya jalanan saja yang dipenuhi para pemudik. Bandar udara, terminal bis, stasiun kereta api, dan pelabuhan pun juga akan penuh sesak.

Dengan suasana riuh yang meletihkan, ditambah dengan kondisi tubuh yang sedang berpuasa, rentan sekali akan gejala penyakit. Hindari penyakit dan jaga tubuh tetap fit dengan cara-cara berikut:

1. Jika berpuasa, sahurlah dengan kandungan karbohidrat, vitamin, dan mineral yang seimbang. Tambahkan juga susu sebagai penutup.

2. Jangan beraktivitas berat yang menguras keringat jika tak benar-benar diperlukan. Usahakan juga untuk selalu berada di tempat yang teduh agar tak dehidrasi.

3. Walau stasiun, bandara, dan sebagainya sudah melarang kegiatan merokok, Anda mungkin saja tetap akan menemukan asap rokok di sekitar. Menjauhlah. Jika tubuh sedang tidak dalam kondisi prima, asap rokok bisa langsung menyebabkan gangguang tenggorokan dan pernafasan.

4. Selalu bawa air minum, juga biskuit atau kurma di dalam tas. Jangan sampai Anda telat berbuka puasa atau kelaparan saat masih dalam perjalanan.

5. Biasakan membawa jaket kemanapun Anda pergi, walaupun matahari sedang terik. Pendingin udara di pesawat, kereta api, bus, maupun angin di kapal dapat membuat masuk angin jika tak dilawan dengan jaket.

Tentunya cara-cara tadi sangat mudah diikuti. Sehingga dapat membuat perjalanan pulang ke kampung bertemu sanak saudara selalu dalam keadaan sehat. (Rike)

Leave a Reply