Home / Bisnis / Wonderful Ambon Siapkan Masyarakat Lokal Untuk Kembangkan Pariwisata

Wonderful Ambon Siapkan Masyarakat Lokal Untuk Kembangkan Pariwisata

Ambon

Untuk lebih mempersiapkan masyarakat lokal dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah. Yayasan Citra Kasih Abadi (CKA) bekerjasama dengan komunitas Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) mengelar program pelatihan bertajuk Wonderful Ambon tepatnya di desa Tihulale Maluku Selatan, sebelah barat pulau Seram, Ambon.

Pemilihan desa Tihutale dikarenakan desa ini kaya akan sejarah nenek moyang raja-raja Tihulale Ambon berserta kesuburan alam dan potensi pantai yang berpasir putih dengan pemandangan laut yang luar biasa untuk dapat menjadi destinasi wisata terbaru.

Selama dua bulan program Wonderful Ambon akan berlangsung dengan pelatihan dari bahasa Inggris, pembimbingan untuk pengelolaan konsep kuliner lokal hingga cendera mata atau produk handicraft

Project Lead CKA Wonderful Ambon, Melly Utami dalam jumpa media di Jakarta menjelaskan, “kami melihat peluang potensi alam Maluku yang indah, latar belakang kekayaan budaya setempat, kekayaan laut dan kulinernya yang masih belum diangkat menjadi tujuan dan daya tarik wisata dunia. Untuk itu kami ingin dapat menggali potensi wisata Maluku itu, dengan melibatkan penduduk lokal”.

“Dengan mengunakan skema “active involvement” yaitu melibatkan masyarakat secara langsung, harapannya program ini dapat meningkatkan kemampuan siap kerja atau usaha guna meningkatkan perekonomian masyarakat dalam menjalankan potensi pariwisata”, tambah Melly.

Sementara perwakilan AIESEC, Gratia Wirata Sidabutar turut menambahkan, “program pelatihan yang mendatangkan 20 orang tenaga muda intership internasional dari 5 negara yaitu; Polandia, Spanyol, Taiwan, Vietnam dan China ini akan membantu memberi bimbingan dan mengembangkan masyarakat untuk menjadi pengusaha dibidang pariwisata”.

“Terlebih melalui program ini dapat mendukung perubahan gaya hidup masyarakat lokal menjadi keluarga atau generasi berencana hingga akan lebih siap berkompetisi dalam era pasar bebas MEA,” tutup Gratia. [McL/011]

Leave a Reply