Home / Destinasi / Wisata adu nyali di Londa, Tana Toraja
image

Wisata adu nyali di Londa, Tana Toraja

image
Adat dan budaya Tana Toraja memang unik dan langka. Salah satunya adalah proses cara pemakaman bagi orang yang meninggal dunia. Tradisi ini telah berumur ratusan tahun. Dan, hingga sekarang tradisi tersebut masih dapat ditemukan keberadaannya. Baik secara ritual maupun bukti fisik pemakaman. Hingga membuat Tana Toraja menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Di Tana Toraja, setiap wisatawan, dapat dengan mudah menyaksikan bukti pemakaman yang ada sejak nenek moyang tanah leluhur mereka. Salah satu buktinya adalah pemakaman Londa yang terletak di Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalai, sekitar 5 KM ke arah selatan dari Rantepao, kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

image

Londa adalah tempat pemakaman di dalam goa. Di Londa banyak terlihat peti mayat atau dalam bahasa Toraja disebut sebagai Erong. Erong ini tersimpan rapih di atas bebatuan goa yang curam. Dan, erong yang ada di dalam goa, disusun berdasarkan garis keluarga.

Ketika erong yang tersimpan rapih tersebut mulai termakan usia hingga rapuh. Seringkali isi dari erong yang berupa tengkorak dan tulang belulang manusia ini berjatuhan lalu berserakan di bawah goa.

image

Pemandangan tengkorak dan tulang belulang inilah yang menjadi sangat eksotik bagi para wisatawan, terutama yang datang dari mancanegera. Yang tentunya juga dibutuhkan nyali besar bila ingin terus masuk lebih kedalam goa.

Suasana di dalam goa memang terlihat berbeda. Lumayan mencekam karena dengan jelas terlihat beberapa tengkorak ada yang tergeletak begitu saja, bahkan ada juga yang terselip di sela-sela dinding goa.

Dan ketika masuk lebih kedalam goa dan berada diantara kepungan ratusan erong para wisatawan tidak akan mencium aroma bau mayat. Ini juga boleh dibilang menjadi fenomena yang menakjubkan bagi wisatawan yang datang. [FTR]

Leave a Reply