Home / Bisnis / 107 Seniman Indonesia Akan Tampil Dalam World Culture Festival 2016
India

107 Seniman Indonesia Akan Tampil Dalam World Culture Festival 2016

India

Para seniman Indonesia yang terdiri dari  27 penari dan 80 pemain Angklung tersebut akan menampilkan tarian Cendrawasih Cantik Pesona dengan iringan Angklung dalam lagu Jali-jali dalam ajang festival international lima tahunan, World Culture Festival (WCF) 2016 yang akan berlangsung di New Dehli, India pada 11-13 Maret 2016.

Keikutsertaan Indonesia di event festival ini akan diwakili Ika Angklung yang berkolaborasi dengan tim Art of Living Indonesia dengan tujuan menjadi daya tarik pariwisata dalam mempromosikan branding Wonderful Indonesia kepada masyarakat dunia, khususnya India yang menjadi salah satu pasar utama pariwisata Indonesia.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Vinsensius Jemadu dalam jumpa media di Jakarta menjelaskan, “Kementerian Pariwisata sangat antusias untuk turut dalam WCF yang juga menjadi perayaan dedikasi mereka terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan spiritualitas yang juga menghadirkan beragam bentuk kebudayaan dari seluruh dunia sehingga dapat dilestarikan untuk generasi mendatang”.

Lebih lanjut Vinsensius Jemadu memaparkan, “akan ada 155 negara dari seluruh dunia akan berpartisipasi dalam festival yang digelar pada area festival seluas 7 hektar. Jadi, sangatlah tepat bila branding Wonderful Indonesia kami kibarkan disana dengan membuka booth untuk mempromosikan obyek wisata unggulan di Indonesia, termasuk 10 pengembangan destinasi prioritas seperti; Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang untuk menarik para wisatawan atau para investor untuk menanamkan modalnya di sana”.

“Karena kunjungan wisman dari India termasuk menjadi salah satu pasar utama pariwisata Indonesia yang dapat ditingkatkan. Melihat tahun 2015 kunjungan wisman India sebanyak 271.252 wisman atau mengalami pertumbuhan sebesar 15% dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan  tahun ini ditargetkan sebanyak 350 ribu wisman dari India”, tambah Vinsensius.

Sementara dari Perwakilan The Art of Living Indonesia, Rup Gurbani turut menjelaskan, “selama tiga penyelenggaraan WCF, akan disajikan beragam acara campuran kultur budaya di berbagai panggung untuk menampilkan betapa indahnya hidup berdampingan yang wujudkan melalui musik, tari, yoga dan bentuk seni yang beragam. Kemudian pada hari kedua, diselenggarakan pertemuan dari penganut antar-kepercayaan dimana tokoh spiritual dan agama di seluruh dunia  berkumpul di satu panggung, mereka akan berpartisipasi dalam diskusi untuk mendorong pemahaman yang lebih mendalam antara orang-orang dari berbagai agama dan negara dan menyebarkan pesan perdamaian global”.

“Yang mana pertemuan Global Leadership Forum tersebut akan membahas etika dalam bisnis untuk bersama-sama membawa para pemimpin dari latar belakang berbeda seperti bisnis, pemerintahan, politik, olahraga, ilmu pengetahuan, lembaga non-pemerintah, organisasi spiritual dan keagamaan, media dan akademisi dalam memperkuat komitmen mereka dalam kehidupan yang harmoni”, tutup Rup Gurbani.

Leave a Reply