Home / Destinasi / Warna-warni Penari Festival Danau Toba 2016

Warna-warni Penari Festival Danau Toba 2016

FDT 3

Latar belakang indahnya Danau Toba menjadi begitu serasi dengan warna-warni busana dari 200 orang penari dari SMUN 1 Muara yang turut mewarnai ajang Festival Danau Toba (FDT) 2016 hingga menjadi atraksi pariwisata yang menarik sebagai promosi Danau Toba sebagai pengembangan destinasi prioritas.

Ribuan warga begitu menikmati gemulai para penari yang membawakan Tarian Empat Puak yang khas dari berbagai daerah di tanah Batak seperti, Batak Karo, Batak Dairi, Batak Simalungun dan Batak Toba dengan busana adat yang lengkap dengan keunikan aksesoris tutup kepalanya.

FDT 3

FDT 2016 untuk lebih memperindah gerakan para penari juga mengajak berkerjasama para seniman tari dari Institut Seni Indonesia di Surakarta yang diwakili oleh Wahyudiarto sebagai koreografer.

“Tarian yang ditampilkan dalam FDT 2016 sudah sangatlah indah dengan mewakili gambaran dari 4 suku di tanah Batak yang digabungkan. Hanya tinggal menata komposisi kemudian detail dan alurnya para penari”, jelas Wahyudiarto.

“Ada pesan juga yang ingin disampaikan melalui tarian FDT 2016 ini adalah tentang bagaimana generasi muda mencintai seni tanah air sendiri sebagai identitas diri mereka dan tidak lagi tertindas dengan pengakuan budaya kita dari negara lain”, tambah Wahyudiarto.

FDT 4

Sementara dari penari Nia Cahaya Siregar, siswi kelas 11 SMUN 1 Muara mengaku sangat senang dapat berpartisipasi menari khas Batak Karo dalam FDT 2016 ini dengan waktu persiapan hingga dua bulan.

“Menyenangkan menari bersama-sama dengan teman walaupun sedikit gugup karena ditonton ribuan orang namun menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan dan semakin bangga menjadi anak Batak yang turut melestarikan kebudayaannya”, tegas Nia. [McL/011]

Leave a Reply