Home / Bisnis / Warna Warni Indah Hiasi Festival Budaya Minangkabau 2018
Minang (2)

Warna Warni Indah Hiasi Festival Budaya Minangkabau 2018

Minang (2)

 

 

 

 

 

Dengan latar belakang megahnya  Istano Basa Pagaruyung, rangkaian acara dari pawai budaya hingga arak-arakan 1125 Nasi Jamba persembahan dari 75 Nagari di Tanah Datar sukses membuka Festival Budaya Minangkabau 2018 dengan warna-warni yang indah hingga memukau ribuan para wisatawan yang datang.

Arak-arakan Nasi Jamba yang dibawa oleh para ibu-ibu diatas kepalanya menjadi sebuah atraksi budaya yang begitu indah menarik perhatian para wisatawan. Nasi Jamba itu sendiri adalah bakul nasi yang lengkap diisi dengan lauk pauk khas Minang, untuk disajikan kepada para undangan yang datang di Istano Basa Pagaruyung.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat membuka Festival Budaya Minangkabau 2018 ini berharap, festival ini dapat menjadi acara terbesar untuk melestarikan adat budaya minang di antara acara-acara yang ada di Sumbar.

Minang (1)

“Kita banyak acara budaya, tapi ini adalah yang terbesar hingga menjadi wadah untuk menampilkan beragam budaya Minang. Dan kami juga apresiasi kepada mereka yang hadir dan ikut meriahkan acara ini,” jelas Irwan.

“Dan menjadi kebanggan tersendiri bagi kami karena Kemenpar telah memberikan penghargaan atraksi Pacu Jawi (balapan sapi) sebagai salah satu atraksi budaya terbaik di Indonesia,” ujar Irwan.

Ditambah lagi dengan adanya pemecahan rekor MURI minum kopi Kawa Daun yang melibatkan 4 ribu orang. Semakin mewarnai keseruan dari Festival Budaya Minangkabau 2018 ini yang mana minum kopi Kawa Daun masih menjadi tradisi yang terjaga di Tanah Datar dimana tempat minum kopinya dari batok kelapa.