Home / Bisnis / Ulos Terpanjang Kembali Ramaikan Festival Danau Toba 2016

Ulos Terpanjang Kembali Ramaikan Festival Danau Toba 2016

Event lokal sebagai wujud rasa syukur masyarakat pesisir Danau Toba yang dahulunya dirayakan sebagai, Pesta Danau Toba. Akan digelar kembali dalam kemasan, Festival Danau Toba dengan tujuan untuk lebih mempromosikan potensi pariwisata di Danau Toba sebagai pengembangan destinasi prioritas dan turut menjadi salah satu dari program ’10 Bali Baru’.

Ajang wisata Festival Danau Toba yang akan digelar pada tanggal 9-12 September 2016 di Kota Muara, Kabupaten Tapanuli Utara ini mendapat dukungan penuh Kementerian Pariwisata karena akan menjadi sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba untuk menjadi destinasi berkelas dunia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam jumpa media di Jakarta menjelaskan, “seharusnya event yang sudah tahunan ini dapat pula melibatkan delegasi peserta atau para wisatawan dari mancanegara hingga dapat menjadi salah satu parameter penilaian apakah event tersebut berskala internasional”.

“Karena bila mancanegara melihat pasti akan mendapatkan pengakuan menjadi bagian Global Geoparks Network (GGN) dari Unesco untuk menjadikan Danau Toba itu sendiri akan didorong masuk dalam GGN dengan branding pemasaran “The Super Volcano Geopark dan mengangkat kembali predikat Danau Toba sebagai destinasi unggulan berkelas dunia”, tambah Arief Yahya.

Sementara itu Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang turut menjelaskan, “sejumlah sarana dan prasarana pendukung telah disiapkan demi kesuksesan acara FDT tersebut. Ditambah untuk menampilkan deatinasi berbasis geopark, kami juga berfokus pada pelestarian alam dan kreatifitas budaya masyarakat sekitar Danau Toba serta pemberdayaan masyarakat agar kesejakteraannya meningkat”.

Kemeriahan ajang Festival Danau Toba (FDT) 2016 nantinya akan disemarakkan dengan beraneka atraksi seni budaya khas Danau Toba. Antara lain: Karnaval Ulos Terpanjang, pertunjukan opera serta tarian kolosal, Pemilihan Ucok Butet, lomba paramotor, lintas Toba, perahu tradisional, lomba renang rakyat, kapal hias, lomba fotografi, hingga penampilan para artis penyanyi ibukota sebagai puncak acaranya. [McL/011]

Leave a Reply