Home / Gaya Hidup / Serentak 14 Kota Gelar Festival Kuliner dan Belanja 2016
Festival Kuliner & belanja

Serentak 14 Kota Gelar Festival Kuliner dan Belanja 2016

Festival Kuliner & belanja

Tepatnya di kota-kota seperti Jakarta, Malang, Palembang, Banten, Jogjakarta, Bali, Bandung, Solo, Makassar, Surabaya, Semarang, Pekanbaru, Medan dan Balikpapan. Secara serentak festival ini akan digelar selama satu bulan pada tanggal 27 September hingga 27 Oktober 2016 mendatang.

Festival yang digelar dalam rangka untuk memperingati World Tourism Day yang jatuh pada tanggal 27 September 2016 akan berlokasi di beberapa mal di setiap kotanya dengan tema Word Tourism Day 2016 ini adalah “Tourism For All”.

Ketua Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementrian Pariwisata yang sekaligus sebagai Ketua Akademi Gastronomi Indonesia, Vita Datau menjelaskan, “konsep festival ini adalah sinergi pentahelix semua pelaku wisata untuk bersama-sama mempopularkan kuliner dan belanja bersama-sama. Wisman ke Indonesia itu 65% karena culture, 35% melihat nature, dan 5% karena manmade, seperti sport events maupun MICE, meetings, incentives, conferences, exhibitions”.

“Ditambah pola wisman ke Indonesia tahun 2015 itu 14,8% belanja, 18,53% kuliner atau makan minum, 26,69% akomodasi dan 39,98% membelanjakan uangnya untuk transportasi, sightseeing dan lainnya. Ini menurut dari data survei perilaku Wisatawan Mancanegara yang dicollect Bank Indonesia bulan November 2015″, jelas Vita.

“Dan semakin mempromosikan kebijakan Free Visa yang membuat orang merasa nyaman dan mudah terbang ke Indonesia. Dan memperlancar soal tax refund didukung event kuliner dan shopping yang masih sporadic, lalu campaigne atau promosi atas event yang sudah terjadwal dengan baik dan pasti”, tutup Vita.

Leave a Reply