Home / Bisnis / Semangat Baru Sumut Hadiri Karnaval Pesona Danau Toba 2017

Semangat Baru Sumut Hadiri Karnaval Pesona Danau Toba 2017

ge

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 sukses digelar dari tanggal 9-10 September 2017 di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Event karnaval tahunan ini dihadiri langsung dua menteri sekaligus yaitu Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan serta sejumlah kepala daerah yang mengitari Danau Toba termasuk Bupati Simalungun JR Saragih, yang tengah memperkenalkan Semangat Baru untuk Sumatera Utara.

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige ini mengambil lokasi di Soposurung dan berakhir di Perniagaan Balige, Toba Samosir. Sebelum dimulai, terlebih dahulu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan diberikan kain ulos serta seperangkat alat berupa tongkat kemudian dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya, lalu tarian lima daerah.

“Presiden meminta supaya acara seperti ini untuk dibuat lebih banyak agar menarik wisatawan dan budaya Indonesia kian dikenal, ajang ini bisa dilakukan dengan berpindah tempat tapi tujuan adalah membangun budaya agar budaya jangan hilang karena modernisasi,” ucap Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Dirinya meminta kepada seluruh wilayah yang disekitar Danau Toba agar memiliki kekompakan dan  jangan saling menyalahkan sehingga bisa membangun Indonesia dengan mudah.

“Pemda dengan gereja dan adat tidak boleh bersinggungan melainkan harus saling bergandengan tangan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta agar Danau Toba harus menjadi destinasi wisata kelas dunia.

“Danau Toba harus memiliki bandara internasional dan tahun ini bandara Silangit akan menjadi bandara internasional. Kemudian, Amenitas juga harus kelas dunia, bagi para bupati sebanyak 8 sekitaran Danau Toba maka silahkan ajukan daerah baru dan kalian harus kompak membangun Danau Toba,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan bahwa karnaval ini menjadi bagian dukungan dalam rangka mengembangkan pariwisata Danau Toba.

“Kami selaku kepala daerah yang memiliki wilayah yang mengitari Danau Toba datang ke Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige sebagai bentuk dukungan maupun keperdulian terhadap Danau Toba yang sesuai dengan amanah Presiden Jokowi yang telah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi prioritas,” pungkasnya. [Mcl/011]