Home / Destinasi / Segarnya Wisata Religi Di Tapanuli Utara

Segarnya Wisata Religi Di Tapanuli Utara

Bukit Taber

Selain kemeriahan ajang Festival Danau Toba (FDT) 2016 di Kota Muara, Kabupaten Tapanuli Utara yang menjual keindahan Danau Toba. Kabupaten ini juga mempunyai beberapa destinasi wisata panorama alam yang menyegarkan dan wisata religi bagi umat Kristiani yang begitu kental di Sumatera Utara.

Berawal dari sebuah destinasi wisata yang masih berada dalam kecamatan Muara dengan nama Panorama Hutaginjang atau biasa disebut pula dengan Bukit Taber yang merupakan singkatan dari Bukit Tapanuli Bersinar.

Dari Bandara Silangit yang menjadi pintu gerbang transportasi terbaru di Kabupaten Tapanuli Utara. Bukit Taber ini hanya berjarak 11 km saja, yang hanya dapat dicapai mengunakan kendaraan pribadi saja. Dengan biaya masuk Bukit Taber tertera juga serelanya dari para wisatawan untuk biaya pemeliharaan.

Bukit Taber 1

Memasuki destinasi wisata Bukit Taber, para wisatawan akan langsung melihat patung yang sangat besar berbentuk dua telapak tangan yang saling mengatup seperti mengambil posisi dalam berdoa dengan berwarna kecoklatan yang sangat kontras dengan sekelilingnya. Yaitu hijaunya Pulau Sibandang bersama dengan birunya Danau Toba yang terbiaskan matahari.

Dengan keindahan panorama alam dengan indahnya timbul dan tenggelamnnya matahari. Destinasi wisata ini juga sering menjadi tempat beribadah untuk kebaktian hingga tersedia ruang-ruang untuk berdoa.

Dari keindahan Bukit Taber beralih ke Bukit Dolok Siatas Barita yang berada di Kabupaten Siatas Barita dengan berjarak 7 km dari pusat Kota Tarutung.

Diatas bukit ini terdapat sebuah monumen Salib Kasih menjulang setinggi 31 meter yang merupakan simbol untuk mengenang jasa Missionaris Nommensen dalam mengajarkan dan menyebarkan ajaran Kristen di Tanah Batak.

Salib Kasih

Untuk mengunjungi Salib Kasih ini ada tiket masuk seharga Rp. 2000 untuk anak-anak dan Rp. 4000 untuk orang dewasa. Harga ini membuat para wisatawan banyak berbondong-bondong setiap harinya, terlebih pada akhir pekan atau hari lbur dan kadang hingga ribuan wisatawan pada hari kebesaran umat Kristiani.

Dalam mencapai Salib Kasih para wisatawan harus melalui hutan pinus sekitar 600 meter yang sangat rimbun dengan sangat tingginya batang pohon menjulang. Ratusan titian tangga juga harus dilalui, bila lelah ada banyak bangku-bangku untuk beristirahat sambil melihat banyak papan-papan bertuliskan ayat-ayat Alkitab hingga 10 perintah Allah.

Salib Kasih 1

Sesampainya di puncak Salib Kasih terhampar bangku-bangku tembok untuk perayaan kebaktian untuk sekitar 600 orang menghadap sebuah mimbar yang berlatar belakang panorama hutan dan sawah yang hijau menyegarkan dari Kota Tarutung.

Adapula ruangan-ruangan doa mengelilingi Salib Kasih ini yang sering digunakan para wisatawan religi yang datang setelah mengikuti ibadah setiap hari Minggu pada pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB.

Dan untuk mencapai Salib Kasih para wisatawan selain mengunakan kendaraan pribadi dapat pula mengunakan transportasi lokal dari kota Tarutung yang menuju Sibolga dari jalan Sisingamangaraja. [McL/011]

Leave a Reply