RS Premier Jatinegara Buka Layanan Sentra Pemulihan Pasca Covid-19

WISATABLOID.Com -Jakarta. Sebanyak 63,5 persen pasien pasca infeksi Covid 19 menunjukan gejala sisa yang bervariasi dan menganggu. Diantaranya batuk, jantung berdebar, sulit tidur, kehilangan nafsu makan, hilang sensasi penciuman, merasa lemas, sampai kepada masalah medis yang serius. Kondisi ini diketahui awam sebagai Long Covid syndrome. 

Pasien pasca infeksi covid 19 menunjukan gejala sisa yang bervariasi, ada gejala simptomatik ringan hingga disfungsi pernapasan oleh karena berbagai sebab. Diperburuk dengan masalah pembekuan darah atau Kardiovaskular. Gejala pada neurologi pusat atau komplikasi perifer. Lalu ada gangguan fisik, emosional dan psikologis. 

Hal tersebut dipaparkan  dr. Ida Bernida Sp.P,FCCP salah satu dokter spesialis paru di RS Premier Jatinegara di sela-sela acara pembukaan layanan Sentra Pemulihan pasca-Covid-19 untuk penanganan kondisi pasien penyintas, Jumat (28/5). 

Menurutnya, pasien pasca infeksi covid-19 menunjukan gejala sisa yang bervariasi dari mulai gejala simptomatik ringan hingga disfungsi pernapasan oleh karena berbagai sebab. Selain itu diperburuk dengan masalah pembekuan darah / Kardiovaskular, gejala pada neurologi pusat/komplikasi perifer, serta gangguan fisik, emosional dan psikologis. 

Di Sentra pemulihan pasca Covid-19, pasien akan ditangani oleh tim dokter spesialis multidisipliner, sesuai kebutuhan pasien. Salah satunya yang berperan penting juga adalah dokter spesialis rehabilitasi medik. Rencana terapi atau latihan yang diberikan penyintas akan dirancang secara personal. Mulai dari latihan uji kapasitas fungsional (Sit to Stand test ), uji fungsi otot pernapasan, uji kekuatan otot dan ekstremitas.

Latihan fisik nya sendiri akan kita berikan secara tailor made, sesuai kebutuhan pasien. Mulai dari peregangan , pernapasan, aerobic dan penguatan,‚ÄĚtambah dr. Yaya Sudibyo Sp.KFR , Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Premier Jatinegara.

Selain itu, kondisi psikologis para penyintas tidak luput dari perhatian di Pusat Pemulihan. Psikolog RS Premier Jatinegara, dr.Anastasia Sri Maryani, Mpsi mengatakan, tidak sedikit para penyintas Covid yang berpotensi mengalami guncangan dan gangguan mental serius, mulai dari kecemasan , sampai kepada depresi dan berbagai masalah mental lainnya. 

Beberapa layanan psikolog yang disediakan didalam sentra pemulihan pascacovid-19 yakni, konseling, meditasi/relaksasi, supportive lainnya, makanan berimbang, vitamin.  Penanganan secara terpadu yang disediakan dalam Sentra  Pemulihan Pascacovid-9 ini kami hadirkan untuk para penyintas covid-19 di manapun berada di Indonesia.   

Kami percaya jika para penyintas/pasien sembuh covid dibantu untuk dapat mengoptimalkan kondisinya sehingga dapat kembali aktif dan produktif  lewat sentra pemulihan ini, tentunya akan berdampak pada pemulihan ekonomi di Republik Indonesia. Semakin cepat Indonesia pulih dari pandemi, semakin cepat Indonesia maju,” ujar dr. Levina Avissa, selaku Manajer Operasional Rs Premier Jatinegara.

Marcell