Home / Bisnis / Robot Futuristik Meriahkan Launching Calendar of Event Susel 2019
SULSEL

Robot Futuristik Meriahkan Launching Calendar of Event Susel 2019

SULSEL

 

 

 

 

 

Sejumlah Robot pintar seukuran manusia dewasa tampak mengenakan patonro yaitu ikat kepala khas Sulawesi Selatan, sambil berjalan mengiringi para tamu untuk duduk di kursi yang sudah disediakan. Setelah itu robot tersebut berjalan ke belakang mimbar pembicara hingga acara usai. Selain itu di pemuka acara juga dimeriahkan oleh robot-robot ukuran kecil yang mengisi hiburan dengan menari-nari di atas panggung.

Keunikan futuristik dari sejumlah robot ini hadir pada Launching Calender of Event Sulawesi Selatan 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (26/4).

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menjelaskan hadirnya robot  futuristik dalam Makasar International Eight Festival atau biasa disebut F8 yakni fashion, film, folk, flora and fauna, fine art, fussion music, dan fiction writer and font agar bisa menjadi simbol kemajuan teknologi 4.0.

“F8 kali ini sangat berbeda. KIta akan kehadiran kombinasi teknologi tinggi dan budaya tinggi. Kita akan bikin eksplorasi budaya yang akan mempertemukan teknologi robotic sebagai simbol kemajuan teknologi 4.0 di Makassar,” jelas Ramdhan Gubernur akrab disapa Danny.

Mengenai kemajuan industri 4.0, Danny juga menyebut juga ingin mengundang salah satu robot terkenal di dunia yaitu Sofia. Dia Ingin Robot Sofia bisa menari tarian daerah khas Sulawesi Selatan. Besar harapan Danny jika hal tersebut tercapai, F8 akan semakin disorot oleh wisatwawan mancanegara (wisman).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa memberikan apresiasi tinggi atas launching Calender of Event Sulsel 2019 yang tahun ini menggelar sebanyak 4 event di antaranya masuk dalam Top 10 Wonderful Event.

“Dari 4 event yang masuk dalam Calender of Event nasional ini, satu event yakni; Eight Festival (F8) Makassar masuk dalam Top 10 Wonderful Events,” ujar  Rizki.

Selain itu tambah Rizki juga mendukung penuh terhadap event-event yang ada dan yakin bahwa di Sulsel sendiri bukan hanya ada 4 event dalam satu tahun, tetapi lebih banyak lagi.

“Apresiasi yang diberikan ini menunjukkan dukungan kami yang penuh terhadap event-event yang ada. Apalagi di Sulsel saya yakin bukan hanya ada 4 event dalam satu tahun pasti lebih. Jadi berikan kami listnya, ini tugas kami,” kata Rizki.

Penyelenggaraan Festival Pinisi tahun ini akan berlangsung di Kabupaten Bulukumba pada 12 s.d. 15 September 2019 mendatang.

Sementara itu penyelenggaraan Eight Festival (F8) akan berlangsung di Kota Makassar pada  4 s.d. 8 Sept 2019, sedangkan event Toraja International Festival akan berlangsung di Kabupaten  Toraja Utara pada 19 s.d. 21 Juli 2019, dan Festival Takabonerate belangsung di Kabupaten Takabonerate pada tanggal 24 s.d. 28 Oktober 2019.

Jumlah kunjungan wisman ke Sulsel tahun lalu sebanyak 14.115 wisman di antaranya datang dari Malaysia, Korea Selatan, Jerman , Perancis, dan  Belanda atau sebagai Top 5 countries. Para wisman ini masuk melalui Bandara Sultan Hasanuddin. Pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tahun lalu sebanyak  10,073 juta atau mengalami pertumbuhan sebesar 4% dibandingkan tahun 2017 sebanyak 9,68 juta wisnus.