Home / Destinasi / Ribuan Penari Siap Meriahkan Festival Gandrung Sewu 2018
Gandrung Sewu

Ribuan Penari Siap Meriahkan Festival Gandrung Sewu 2018

Gandrung Sewu

Memasuki pelaksanaan ke-8 kalinya, festival tahunan dari tarian Gandrung khas Banyuwangi dengan konsep atraksi budaya yang kolosal dalam Festival Gandrung Sewu 2018, akan ada yang berbeda yaitu diwarnai dengan kehadiran ribuan patung penari.

Bertempat di Pantai Boom, Banyuwangi perhelatan Festival Gandrung Sewu 2018 ini tidak lepas dari perhatian Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berencana akan turut menyaksikan langsung event yang menampilkan ribuan penari itu.

“Ada yang baru dari event ini. Selain bisa menyaksikan atraksi ribuan penari gandrung di Pantai Boom, kita juga bisa menikmati 1.000 patung penari gandrung. Ini atraksi baru yang tidak bisa dinikmati saat festival nanti,” jelas Arief Yahya.

1.000 patung yang dimaksud Menpar Arief Yahya berada di Taman Gandrung Terakota, Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. 1.000 patung penari Gandrung ini berada di tepi sawah.

Di tempat ini, terdapat fasilitas lengkap. Cocok untuk sebuah pertunjukan. Ada fasilitas amfiteater terbuka, tempat pementasan jazz, seni tari, dilengkapi warung makan, cafe, toilet bersih, musholla, dan masih banyak lagi.

“Kehadiran taman ini membuat wisatawan bisa menikmati lebih. Setelah selesai dari Pantai Boom, datang saja ke tempat ini. Nikmati suasana yang berbeda,” paparnya.

Festival Gandrung Sewu adalah event tari kolosal yang digelar sejak 2012. Oleh Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, Festival Gandrung Sewu disebut istimewa.

“Ini event yang sangat istimewa. Karena, sejak awal digelar sudah mendapatkan rekor MURI. Kala itu, Festival Tari Gandrung memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai acara dengan jumlah penari terbanyak, yakni 1.047 penari,” tuturnya.

Tahun ini, pelaksanaan Festival Gandrung Sewu tidak akan kaah ciamik. Karena akan melibatkan sebanyak 1.200 penari. Para penari adalah gabungan pelajar yang ada di Banyuwangi.

“Setelah melewati kurasi, tahun ini pelaksanaan Festival Gandrung Sewu akan lebih keren. Apalagi pelaksanaannya di Pantai Boom. Sambil menyaksikan festival, wisatawan bisa berlibur,” kata Ni Wayan Giri.

Sedangkan Asisten Deputi Bidang Pengembangan I Regional II Sumarni menambahkan, yang ditawarkan dalam Festival Gandrung Sewu tahun ini akan luar biasa.

“Sebab para penari akan tampil dalam iringan musik tradisional di bibir Pantai Boom. Mereka akan menari dengan latar belakang laut Selat Bali. Tentunya ini menjadi pertunjukan spektakuler yang sangat sayang bila dilewatkan,” katanya.

Terpisah, Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan, mengaku tidak sabar untuk menyaksikan event ini.

“Banyuwangi selalu mampu menggelar event berkelas. Salah satunya adalah Festival Gandrung Sewu. Ini event yang keren. Buktinya, bisa bertahan hingga 7 tahun. Dan dalam setiap pelaksanaannya selalu sukses. Makanya saya tidak sabar untuk menyaksikan kegiatan ini,” pungkas Wawan.