Home / Destinasi / Ranumnya Jelajah Ranu Jadi Perjalanan Wisata Andalan Lumajang
Ranu Klakah

Ranumnya Jelajah Ranu Jadi Perjalanan Wisata Andalan Lumajang

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Inilah yang menjadi ranu terkenal diantara para wisatawan dan pendaki gunung. karena kondisinya yang harus ditempuh dengan menapaki jalur pendakian ini memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan berbagai objek wisata yang lain. Walaupun lebih susah dicapai tapi itu merupakan tantangan tersendiri bagi orang yang ingin mengunjunginya. Perjalanan pendakian membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam dengan dapat rehat sejenak pada 4 pos yang ada.

Sebelumnya untuk memulai mendaki menuju Ranu Kumbolo haruslah mendengarkan petunjuk dan mendaftar pada Sahabat volunteer semeru. Sekaligus bertugas memeriksa kelengkapan, seperti; tenda, sleeping bag, sepatu hingga bahan makanan yang dapat menjadi sampah agar dibawa pulang kembali. Semua sampah didata agar tidak dibuang sembarangan karena dapat mencemari dan menganggu ekosistem kawasan strategis pariwisata nasional Semeru.

Ranu Kumbolo 1

Rimbun daun dan turunnya kabut putih menjadi teman pemandangan yang menyegarkan dalam perjalanan mendaki. Ditambah ceria penuh cerita kebersamaan teman adalah suatu pengalaman yang sungguh dapat menyenangkan hati.

Dengan luas yang hampir mencapai 15 hektar, Ranu Kumbolo menjadi  tempat menyenangkan untuk mendirikan perkemahan bagi para banyak pendaki. Dipinggiran ranu adalah tempat yang menjadi favorit para pendaki karena dekat untuk mengambil air dan pemandangannya pun yang terindah dikala pagi saat matahari terbit.