Home / Destinasi / Ranumnya Jelajah Ranu Jadi Perjalanan Wisata Andalan Lumajang
Ranu Klakah

Ranumnya Jelajah Ranu Jadi Perjalanan Wisata Andalan Lumajang

Ranu Regulo dan Ranu Pani

Ranu Regulo 1

Kedua ranu ini letaknya sangat berdekatan, tepatnya di desa terakhir desa terakhir di Gunung Semeru yaitu desa Ranu Pane, kecamatan Senduro. Saat  sinar surya pagi datang kedua ranu ini sangat memperlihatkan keindahannya masing-masing. Ranu Regulo yang berada pada ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dengan luasnya sekitar 0,75 hektar penuh kabut putih yang menyelimuti seluruh permukaan ranu membuat begitu kontras dan dramatis dengan kuningnya sinar matahari yang mulai naik.

Sementara itu Ranu Pani yang memiliki luas sekitar 1 hektare, saat ini sedikit menyusut volume airnya namun tetap memancarkan keindahan tersendiri karena dikelilingin hijaunya bukit-bukit yang dimanfaatkan warga setempat dengan bercocok tanam diantara pohon-pohon besar khas pegunungan. Ada juga pemandangan pura peribadatan yang semakin menambah kesejukan hati para wisatawan dan para pendaki gunung.

Ranu Pani 1

Untuk mencapai kedua ranu ini dapat ditempuh dengan banyak akses, yang dengan memilih tercepat selama 2 jam dari bandara Surabaya dan sudah banyak tersedia dengan mengunakan moda transportasi darat yang menempuh jarak 43 km via Alas Burno Kecamatan Senduro langsung menuju Lumajang.

Dapat pula ditempuh melewati Kabupaten Malang via Pasar Tumpang. Setelah itu para wisatawan ataupun pendaki harus menggunakan Jeep untuk menembus jalur berliku di Kabupaten Probolinggo hingga akhirnya sampai di Ranupani. Waktu tempuhnya sendiri kurang lebih mencapai hingga 3 jam dengan menggunakan mobil jeep 4×4.