Home / Destinasi / Ranumnya Jelajah Ranu Jadi Perjalanan Wisata Andalan Lumajang
Ranu Klakah

Ranumnya Jelajah Ranu Jadi Perjalanan Wisata Andalan Lumajang

Ranu Klakah

Ada puluhan Ranu atau danau di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dengan masing-masing keindahan yang luar biasa. Dari yang berlatar belakang hijaunya hutan atau segarnya pegunungan hingga Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang mengemasnya dengan unik dalam sebuah perjalanan wisata yang mengasyikan bertema, ‘Jelajah Ranu’.

Keindahan perjalanan wisata, ‘Jelajah Ranu’ ini juga sudah menjadi bagian dari 80 destinasi wisata yang ada dan terlebih beberapa ranu tersebut ada yang masuk berada didalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru hingga dapat dipastikan terjaga dan masih alami.

Terlebih hampir seluruh Ranu yang ada terbilang memang masih sangat perawan dengan udaranya yang begitu segar hingga dapat menjadi tujuan utama berlibur bagi para wisatawan yang ingin melepas penat sejenak dari hiruk pikuknya kota besar.

Diiringi pula keseriusan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang untuk menjaga alaminya seluruh Ranu dibarengi dengan kebijakan – kebijakan dalam bentuk perintah agar segala pembangunan infrastruktur mengarah kepada pengembangan dan kemajuan destinasi pariwisata yang telah ada.

Sekda Lumajang

Hal ini disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Lumajang, Agus Widarto yang menegaskan, selain dengan program seperti ‘Jelajah Ranu’ dan kebijkan pihaknya juga terus mengenjot sektor pariwisata bersama stakeholder pariwisata lainnya. Seperti dengan semakin mempercantik dan termasuk menggali serta mengembangkan destinasi yang ada sehingga lebih berkelas untuk menyambut para wisatawan dari nusantara dan mancanegara.

Adapun perjalanan wisata, ‘Jelajah Ranu’ yang menyegarkan ini dimulai dari; Ranu Regulo, Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Ranu Klakah, Ranu Pakis hingga Ranu Bedali dalam waktu ideal pada musim cuaca yang bersahabat yaitu tidak pada musim hujan.

Ditambah yang harus dipersiapkan juga fisik dan peralatan untuk mengikuti perjalanan wisata dalam ‘Jelajah Ranu’ ini karena saat musim cuaca yang tidak bersahabat, kadang angin pada malam hari dapat berhembus dengan dinginnya yang dikarenakan letak ranu yang dibawah kaki gunung.

Dan untuk mengenal dan mengetahui hal-hal yang mendasar tentang ke-6 Ranu yang begitu indah dan menyegarkan ini, pada halaman berikut akan diceritakan pengalaman selama 3 hari 2 malam bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang dalam ‘Jelajah Ranu’.