Home / Destinasi / Pantai-pantai di Tanimbar Mulai Umbar Pesonanya
Tanimbar 1

Pantai-pantai di Tanimbar Mulai Umbar Pesonanya

Tanimbar 1

Keindahan birunya langit dan laut di Indonesia Timur sudah sangat terkenal bagi para wisatawan. Seakan tak pernah ada habisnya, selalu saja ada potensi wisata yang baru untuk dikembangkan. Seperti di Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang sedang memperkenalkan atau mengumbar potensi wisata alam dan taman lautnya yang indah.

Kabupaten dengan luas wilayah 52,996 km2 ini merupakan daerah kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil dengan jumlah 85 pulau yang terdiri atas 9 kecamatan, 72 desa dan 1 kelurahan dengan ibukota Saumlaki.

Tentunya pulau-pulau tersebut memiliki potensi wisata dengan pantai-pantai yang bersih dan indah namun belum banyak diekspos untuk mendatangkan lebih banyak para wisatawan baik dalam dan luar negeri.

Tanimbar 2

Dimulai dari pantai yang terletak di Olilit Barat, kecamatan Tanimbar Selatan. Dengan nama Pantai Kelyar, pantai ini akrab disebut pantai Pertamina karena letaknya yang berdekatan dengan tempat pengisian bahan bakar milik Perusahaan Minyak Nasional (Pertamina).

Untuk menikmati keindahan pantai yang terkenal dengan sensasi matahari tenggelam nan eksotis ini. Para wisatawan juga hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit saja dari kota Saumlaki menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Setelah membayar tiket Masuk seharga Rp 8,000 per orang, para wisatawan langsung akan disambut pemandangan saung-saung kecil yang berjajar sepanjang bibir pantai yang tersedia sebagai fasilitas beristirahat sambil menikmati indahnya pesona matahari tenggelam.

Tanimbar 3

Ada pula pemandangan aktifitas para nelayan dari dekat yang kembali dari melaut dengan membawa hasil ikan-ikan besar untuk dijual kembali di pasar sekitar kota Saumlaki. Namun, bila wisatawan ingin menikmatinya sebagai kuliner. Para nelayan juga dapat menyiapkannya untuk dibakar dipinggir pantai.

Kemudian bila menyebrang menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Laut Saumlaki selama 1 jam. Para wisatawan dapat menikmati Pantai Matakus dan Nustabun di masing-masing pulau dengan nama sama juga.

Tanimbar 4

Dengan harga menyewa kapal motor untuk pulang pergi Rp 450,000 yang dapat ditumpangi sebanyak 9 orang. Para wisatawan pastinya akan mendapatkan pengalaman serta pemandangan deburan ombak menyegarkan selama perjalanan.

Kedua pantai yang tergolong masih sangat alami dengan ciri khas pasir putih ini tertutup indah dengan perairan yang jernih memperlihatkan keindahan terumbu karang yang masih sangat terjaga kelestariannya. Yang tentunya aktifitas wisata seperti swimming, snorkling dan fishing dapat dilakukan disini. [McL/011]

Leave a Reply