Home / Destinasi / Lamalera Terkenal Oleh Tradisi Ikan Paus

Lamalera Terkenal Oleh Tradisi Ikan Paus

lamalera1

Bila berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, tak ada salahnya bila berkunjung lebih jauh ke Desa Lamalera. Desa ini dapat dituju dengan bermacam angkutan darat dari pusat kota Lembata.

Dalam perjalanan menuju desa ini yang terbilang lama ini, akan terbayar disuguhi oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Mulai dari hijaunya hutan hingga deretan pepohonan kayu-kayu putih kering diantara rumah-rumah penduduk asli. Hingga tiba ke Desa Lamalera yang berhadapan langsung dengan indahnya luas lautan nan biru.

lamalera2

Desa Lamalera menjadi terkenal sejak dahulu karena mempunyai sebuah tradisi turun temurun yang sangat hebat yaitu berburu ikan paus. Tradisi ini bernama Baleo yang merupakan tradisi satu-satunya yang ada didunia.

Walaupun beberapa kali sedikit dikecam oleh para pencinta lingkungan, tradisi ini tetap berlangsung karena para penduduk Lamalera sudah menjadikan tradisi ini sebagai perayaan penghormatan bagi para leluhur.

lamalera3

Terlebih lagi dengan tradisi ini dapat membuat seluruh kampung dapat terus hidup dengan daging-daging ikan paus yang mereka dapatkan. Baik dari dagingnya untuk dikonsumsi keluarga ataupun bagian tubuh yang lainnya. Seperti tulang atau gigi yang dapat dijadikan aksesoris gelang dan kalung untuk dijual kepada para wisatawan yang datang.

lamalera4

Leave a Reply