Home / Destinasi / Kulineran Di Bondowoso Jangan Mamong Ada Nasi Mamong

Kulineran Di Bondowoso Jangan Mamong Ada Nasi Mamong

nasi mamong

Arti kata Mamong dalam bahasa Madura adalah Bingung. Namun, saat berwisata ke Bondowoso kemudian lapar menyerang. Jangan bingung atau Mamomg, arahkan saja langkah ke Resto ODL di jalan Santawi no. 11, Bondowoso karena disini masih menyediakan Nasi Mamong yang sudah menjadi kuliner khas tradisional dari Bondowoso khususnya Jawa Timur.

Resto ODL atau Olahan Dapur Lulu yang dikelola oleh Rifka Jannatin ini sudah sangat terkenal di Bondowoso. Karena sering memenangkan festival Kuliner se- Jawa Timur yang tentunya karena mengangkat Nasi Mamong.

Menurut Rifka Jannatin, “penamaan Mamong ini karena bingung dalam proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama. Dahulu bisa sehari semalam karena untuk bekal perjalanan jauh. Karena nasi nya setelah matang dianginkan lalu dibungkus daun kemudian dikukus lagi supaya awet”.

“Sekarang pembuatannya sudah cepat karena sudah disesuaikan dengan isi nya yaitu cincangan daging ayam, daun kemangi, daun singkong dan teri. Daun Singkong juga melambangkan Bondowoso yang memiliki hasil utama pertanian yaitu singkong”, jelas Rifka.

Harga perporsi pastinya juga sangat terjangkau untuk para wisatawan yaitu Rp. 9000 saja. Dengan bentuk menarik kerucut seperti nasi tumpeng versi kecil terbungkus daun dan diikat pakai bambu tipis atau serat daun pisang yang pastinya mengugah selera untuk cepat disantap.

tapai

Untuk melepas dahaga Resto ODL juga punya minuman khas bondowoso yaitu Tapai Ngambeng yang terbilang sudah menjadi minuman tradisional khas yang melegenda. Karena sudah tidak banyak yang menjualnya, walaupun ada pastilah sudah berusia uzur dengan mengunakan gendongan.

Tapai Ngambeng yang berbahan utama tapai ini bercampur dengan air gula dan air kapur yang menjaga tapai tidak hancur dan air tetap bening. Untuk menambah kesegaran minuman ini juga disajikan saat dingin dengan es batu. Dan harganya juga hanya Rp. 5000 dijamin akan bertambah segar untuk melanjutkan perjalanan wisata di Bondowoso. [McL/011]

Leave a Reply