Home / Bisnis / Kepulauan Sangihe Siap Bangkit Lewat Pariwisata
Sangihe

Kepulauan Sangihe Siap Bangkit Lewat Pariwisata

Sangihe

Setelah tertimpa bencana alam, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara akan segera bangkit dengan mengembangkan sektor kepariwisataan. Melalui suatu kemasan event dalam Festival Pesona Sangihe 2016 yang akan digelar pada tanggal 5 10 September 2016 mendatang.

Selain event Festival Pesona Sangihe 2016 adapula Calendar of Events 2017 yang akan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata sebagai komitmen dan langkah awal penguatan kerjasama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) dengan Kemenpar dalam mengembangkan sektor kepariwisataan.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam jumpa media setelah me-Launching Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Events 2017 di Jakarta, berharap, “Kepulauan Sangihe menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dengan mengoptimalkan potensi dalam budaya dan daya tarik alam. Terutama wisata bahari dengan memanfaatkan popuraliras Bunaken sebagai ikon marine tourism Manado, Sulut”.

“Karena selama ini wisatawan yang berkunjung ke Sulut hanya sampai di Manado dan Bunaken. Kedepannya bila event seperti ini sukses hingga dapat mendatangkan banyak wisatawan sangat diperlukan kemudahan transportasi dari Manado atau Bunaken ke Kepulauan Sangihe, tambah Menpar Arief Yahya.

Sementara dari Bupati Kepulauan Sangihe, Hironimus Rompas Makagansa menjelaskan, “melalui Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Events 2017 nantinya Kepulauan Sangihe dapat mencapai target kunjungan wisatawan pada tahun 2016 sebanyak 7.595 untuk mancanegara dan 42.563 untuk nusantara, yang mana relasasi sementara untuk target itu sudah mencapai 60% dan 62%”.

“Keunggulan pariwisata dari Kepulauan Sangihe masih terletak pada keindahan bawah lautnya. Yaitu gugusan terumbu karang beraneka ragam man indah serta gunung api bawah laut yang menjadi pesona tersendiri bagi para penyelam karena dapat melihatnya hanya dengan kedalaman 4 sampai 10 meter dari permukaan laut saja”, papar Hironimus Rompas Makagansa.

Adapun kegiatan Festival Pesona Sangihe 2016 di Kabupaten Kepulauan Sangihe pada 5 10 September mendatang akan dimeriahkan dengan pawai budaya, penjemputan yacht rally, pegelaran seni budaya (musik oli dan tari salo), inland tour, pameran pembangunan dan aneka lomba. Sementara itu untuk Calendar of Events 2017 pemerinah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyiapkan even berupa Upacara adat Tulude (31 Januari 2017), Pemilihan Ungke Momo Sangihe (2729 Juli 2017), dan Festival Pesona Sangihe (5 10 September 2017). [McL/011]

Leave a Reply