Home / Destinasi / Festival Lembah Baliem 2016 Gratis Untuk Wisatawan
Baliem 2016

Festival Lembah Baliem 2016 Gratis Untuk Wisatawan

Baliem 2016

Untuk ke-27 kalinya, Festival Lembah Baliem akan digelar pada tanggal 8-11 Agustus 2016 mendatang. Tepatnya, di lokasi Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua dengan bebas biaya masuk atau gratis bagi para wisatawan. Baik wisatawan nusantara dan mancanegara untuk dapat melihat langsung keaslian seni budaya dari Papua.

Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo yang menyampaikan hal mengembirakan ini dalam jumpa media di Jakarta, memaparkan, “bebas biaya masuk atau gratis merupakan keputusan yang diambil untuk lebih menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Serta untuk semakin menarik para wisatawan yang datang hingga melebihi target yaitu seribu wisatawan”.

“Selain gratiskan biaya masuk, biaya parkir dan berfoto juga tidak akan dikenakan biaya. Jadi jangan takut ada permintaan ‘uang merah’ tambahan di Festival Lembah Baliem 2016 karena mengambil gambar para masyarakat asli Papua dengan segala lambang perhiasan pada tubuhnya”, tegas John.

Lebih lanjut John menambahkan, “nantinya, akan ada atraksi ‘Perang Suku’ oleh para warga masyarakat dari 40 distrik atau setingkat kecamatan di Kabupaten Jayawijaya dengan mengangkat pesan; ‘Yogotak Hubuluk Motok Honorogo’, yang berarti, hari esok lebih baik dari hari ini. Lengkap dengan tari-tarian yang kemudian dipadukan dengan permainan musik tradisional Pikon dan karapan unik dari anak babi serta lempar Sege atau tombak yang berhadiah langsung”.

“Harapan kedepannnya untuk setiap tahun pelaksanaan Festival Lembah Baliem ini tetap sama yaitu akan terus dapat melestarikan budaya Papua untuk meningkatkan kualitas hidup, percepatan pembangunan karakter dan potensi destinasi pariwisata Papua”, tutup John. [McL/011]

Leave a Reply