Home / Kuliner / Festival Kuliner Nusantara 2016 Tampilkan Kekayaan Budaya Bangsa

Festival Kuliner Nusantara 2016 Tampilkan Kekayaan Budaya Bangsa

FKN 2016

Saat akhir pekan, besok, 16 April 2016 ada acara menarik yang tidak boleh dilewatkan. Yaitu hari terakhir pelaksanaan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2016 di Mall Artha Gading Jakarta Utara.

Acara menarik yang menampilkan beragam kuliner tradisional Indonesia ini mengangkat tema “Kuliner Nusantara Kekayaan Budaya Bangsa”. Yang terbukti dengan tampilnya 49 jenis kuliner nusantara yang berbeda dan mempergunakan bahan-bahan kekayaan alam di daerahnya masing-masing.

Seperti, Ayam Tangkap dari Aceh, Soto Gerabah Solo, Pindang Patin Palembang, Pecak Bandeng dari Banten, Gulai Tempoya dari Jambi, Rendang Baluik dari Sumatera Barat, Mie Tarempa dari Riau, Gudeg Manggarset dari Yogyakarta, Gammi Bawis dari Kalimantan Timur, Kaledo dari Palu, Ayam Betutu dari Bali, Soto Banjar dari Kalimantan Selatan, Binthe Biluhuta dari Gorontalo, Ayam Taliwang dari Nusa Tenggara Barat, Kinowu Manu dari Sulawesi Tenggara hingga Sate Ulat Sagu dari Papua.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti ketika meninjau FKN 2016 menjelaskan, “sesungguhnya masih banyak kekayaan nusantara kita dalam kuliner. Ini baru sebagian kecil saja yang dapat Kementerian Pariwisata tampilkan untuk lebih meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air”.

“Terlebih lagi kontribusi dari kuliner terhadap sektor pariwisata baru mencapai 30 persen saja, jadi masih perlu dikembangkan menjadi bagian yang besar untuk bagian wisata minat khusus ini. Yang mana selain melalui acara seperti FKN juga diperlukan keterlibatan para kalangan industri kuliner, lembaga pendidikan kuliner hingga komunitas kuliner untuk mengambarkan penta helix sebagai kekuatan pariwisata Nasional”, tambah Esthy Reko Astuti.

Selain menampilkan beraneka kuliner tradisional Indonesia para penggunjung FKN 2016 juga akan dihibur oleh artis ibukota yaitu Tasya, Lusy Rachmawati dan RAN.

Ditambah pula ada demo masak interaktif yang dipandu 12 juru masak ternama dari Nusantara yang dijamin akan membuat akhir pekan para pengunjung terasa lezat dan menyenangkan.

Leave a Reply