Home / Bisnis / Festival Budaya 9 Tahunan Digelar Di Maluku Tengah

Festival Budaya 9 Tahunan Digelar Di Maluku Tengah

Panas Pela

Untuk ke-6 kalinya, Festival Budaya Panas Pela Negeri Amahei-Ihamahu yang merupakan ritual budaya antar negeri yang berbeda pulau akan digelar pada tanggal 29 september 2016 antara Amahei dan Ihamahu di Kabupaten Maluku Tengah.

Keunikan festival budaya yang dilakukan setiap 9 tahun ini adalah terbukanya setiap rumah warga untuk menyambut para tamu atau peserta festival yang datang hingga dapat pula menginap mengingat belum banyaknya penginapan bagi para pengunjung festival ini.

Bersamaan dengan festival ini akan digelar pula; bakti sosial, pengobatan massal, penanaman 40.000 bibit sengon untuk menaikan debit air dan Pembinaan UKM.

Dalam jumpa media di Jakarta, Ketua Panita Festival Panas Pela Negeri Amahei-Ihamahu, Edison Huwae menjelaskan, “selain dengan tujuan utama untuk menjaga kelestarian ritual budaya, melalui festival ini diharapkan dapat pula memperkokoh persaudaraan, serta mempromosikan adat budaya dan potensi pariwisata Maluku khususnya dan Indonesia pada umumnya”.

Target utamanya adalah ribuan wisatawan akan menghadiri Festival Budaya Panas Pela Negeri Amahei-Ihamahu ini ditambah para perantauan yang akan kembali dari luar Maluku Tengah dan luar negeri.

Dan sebagai target jangka panjangnya untuk semakin mempromosikan Maluku yang merupakan titik penting menjadi jalur rempah dunia, hingga saat ini sedang di usulkan sebagai warisan Dunia untuk Budaya Tak Benda atau Intangible Cultutural Heritage. [McL/011]

Leave a Reply