Home / Destinasi / Berayun Seru Jadi Sudut Foto Milenial Terbaru Di Kalibiru
image

Berayun Seru Jadi Sudut Foto Milenial Terbaru Di Kalibiru

image

Satu lagi destinasi wisata alam di Yogyakarta, Jawa Tengah menjadi semakin istimewa lewat nedia social. Kalibiru namanya, wisata alam yang menawarkan sudut-sudut foto terbaru berlatar belakang panorama pemandangan indah ini berada di perbukitan Menoreh, wilayah Kulonprogo pada ketinggian 450 mdpl yang dengan hembusan angin semilir juga semakin membuat para wisatawan betah berlama-lama.

Keindahan dari wisata alam Kalibiru dapat dinikmati dari pagi hari saat matahari terbit dengan hangatnya hingga sore hari dengan cantiknya. Karena para wisatawan dapat melihat keindahan tersebut dari berbagai arah mata angin.

Dari arah selatan akan ada pemandangan Kawasan Waduk Sermo dengan sangat jelasnya dan Laut Selatan Jawa bila langit sedang cerahnya. Lalu di sebelah timur dan utara akan terlihat Gunung Merapi yang dengan gagahnya melindungi kota Jogja, berikut dengan gugusan pegunungan Seribu nya.

Sejak wisata alam ini dibuka pada tahun 2010 sampai menjadi begitu sangat terkenal pada tahun 2014 dan hingga saat ini berkat arus postingan yang begitu ramai di media social. Hingga banyak wisatawan yang mengusulkan untuk menambah konsep atau sudut foto sebagai variasi dan pilihan agar tidak terlalu lama mengantri, terlebih disaat hari libur seperti sabtu dan minggu.

Suradi, warga pengurus mandiri Kalibiru menjelaskan, “dengan semakin ramainya para wisatawan yang berfoto lalu menguploadnya di media socialnya semakin terkenal pula nama wisata alam Kalibiru. Bahkan, hingga membuat para wisatawan dari luar negeri juga datang ingin membuktikan langsung dengan mata mereka sendiri”.

“Hingga saat ini sudut foto ayunan yang terbaru menjadi sasaran utama para anak muda atau para milenials untuk mengabadikan gambar diri mereka atau beramai-ramai. Karena selain pemandangannya warna-warni ayunan juga sangat menarik perhatian para wisatawan”, tambah Suradi.

Untuk harga tiket masuk Kalibiru dari jam 08.00 – 16.00 WIB pada hari biasa sebesar Rp 5.000 per orang sementara pada hari libur Rp 10.000 per orang ditambah untuk biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000 saja. Untuk fasilitas berfoto untuk setiap sudutnya akan dikenakan biaya hanya Rp. 15.000,- dengan pengamanan layaknya hendak memanjat tebing.

Adapula fasilitas pendukung seperti penginapan, rumah makan, warung souvenir sudah sangat lengkap dan terkelola secara mandiri oleh kelompok sadar wisata masyarakat sekitar Kalibiru. Juga ada paket-paket wisata mulai dari pedesaan, budaya, terapi alam hingga flying fox.

Dan bila ingin datang ke Wisata Alam Kalibiru yang berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Ada dua rute yang dapat dilalui dengan mengunakan kendaraan pribadi dalam jarak waktu sekitar 1,5 jam saja. Rute yang pertama melalui jalur Kulon Progo yang melewati Waduk Sermo yang penuh liku dan tanjakan terjal atau jalur Wates yang rata tanpa menanjak. Sepanjang perjalanan juga ada papan petunjuk arah yang sangat jelas menemani.

Leave a Reply